KOTO RANAH -Hari peduli sampah nasional di Nagari Koto Ranah diisi dengan beragam kegiatan. Mulai dari pembersihan drainase, pembasmian rumput liar, penanaman bunga dan pemilahan sampah. Hal ini dilakukan agar terciptanya lingkungan yang bersih, sehingga terhindar dari berbagai sumber penyakit.

Bertepatan dengan HPSN, Wali nagari koto ranah Marzuki Zain membentuk bank sampah. Hal ini ia sampaikan saat apel pagi jelang goro, Rabu (21/2). Ia menghimbau kepada masyarakat untuk memilah sampah kering yang nantinya akan dijemput oleh petugas. Dikatakan Marzuki Zain, bank sampah ini juga nantinya akan masuk pada program pemberdayaan masyarakat yang bersumber dari dana desa tahun 2018.

Selain sebagai wadah untuk mengurangi volume sampah, bank sampah dibentuk sebagai solusi cerdas untuk menambah penghasilan.

“Nanti kalau anak-anak kita sudah besar, kita bisa memanfaatkan uang hasil sampah menjadi tabungan pendidikan,” ucap Marzuki.

Jum’at (23/2) PemNag Koto Ranah berkolaborasi dengan tim PKK mengumpulkan sampah-sampah kering yang ada di sekitar Kantor Wali Nagari. Sampah kering ini meliputi sampah kardus, botol-botol minuman dan lainnya. Di hari pertama pengelolaan bank sampah, sebanyak 78 kg sampah kardus dan 20 Kg sampah botol berhasil terkumpul.

Bagikan Berita