Kegiatan Ronda malam merupakan aktivitas rutin yang dilaksanakan oleh masyarakat di nagari Koto Ranah sejak kepemimpinan Marzuki Zain. Hal ini diakui penting demi menjaga keamanan masyarakat. Dengan mengenakan sarung serta ditemani secangkir kopi, bapak-bapak yang sudah mendapatkan jadwal saling kompak menjaga keamanan nagari. Ada sekitar 130 orang dengan 21 pos ronda dalam semalam.

Namun beberapa bulan terakhir, ada warga yang tidak efektif menjalankan kegiatan ronda malam. Ada yang bahkan sudah satu bulan tidak mengikuti ronda. Hal ini membuat Wali Nagari geregetan melihat warganya yang tidak mengaplikasikan dengan baik peraturan yang ada. Pasalnya, bagi warga yang tidak pernah aktif ronda, namanya akan di blacklist, dan tidak diperkenankan untuk melakukan administrasi apapun di kantor wali nagari.

Selasa (20/22) sebanyak 10 orang warga yang jarang ronda mendatangi kantor wali nagari untuk dimintai keterangan dan alasan apa yang membuat dirinya tidak mengikuti ronda.”Ronda ini kan untuk nagari kita, terutama keamanan masyarakat. Saya di sini hanya meminta bapak-bapak semua untuk aktif dalam ronda, goro dan membayar PBB” tandas Marzuki.

Disebutkan Marzuki, bahwa jika ada halangan apapun diharapkan untuk melapor ke kepala jorong agar bisa diganti dengan malam yang lain.

Bagikan Berita